//
you're reading...
Kisah, Renungan

Haruskah memberi kepada peminta-minta???

Di Sebuah Pengajian salah seorang Santri bertanya kepada gurunya :

” Guru, mengapa kita perlu bersedekah ? Haruskah kita memberi kepada peminta-minta yg sering mendatangi rumah kita ? Padahal kita tdk yakin apakah mereka itu layak atau tidak diberi sedekah ?…”

Sang Kyai yg bijak tsb sambil tersenyum menjawab….

“Kalau kita ingin mengirim sesuatu ke tempat yg jauh lewat ekspedisi, kira-2 perlu biaya yg mahal nggak ya ? ”

“Oh Iya pasti Guru …biayanya pasti mahal karena alamat yg dituju sangat jauh” jawab salah seorang santri.

” Oke, nah sekarang Guru tanya, jika ternyata ada orang yg datang ke rumah kita dan dia bersedia mengantarkan paket kita ke tempat yg jauh tsb , dan sama sekali tdk dipungut biaya alias Gratis, ada yang mau nggak ” tanya Pak Kyai tsb kemudian.

” Ya tentu kita semua mau Guru” jawab beberapa santri hampir berbarengan.

” Nah, begitulah seharusnya… Paket itu bisa kita umpamakan dgn sedekah kita …..Kita semua disini meyakini utk hidup selamat nantinya dikehidupan abadi kelak setelah kita mati,… maka kita perlu banyak membawa bekal ke akhirat termasuk sedekah kita…….Ada yang tahu diantara santri2 ku sekarang ini, persisnya di mana akhirat itu ? Jauh apa dekat ya ?” Tanya sang Guru lagi.

Semua Santri terdiam…karena memang tdk ada yg tahu jawabannya…

“Nah…..peminta-minta tsb bisa kita samakan dgn orang yg datang ke rumah kita… dan dia mau mengantarkan paket atau sedekah kita ke akhirat yang kita sendiri tidak tahu berapa jauh dan dimana akhirat itu,… secara gratis lagi tanpa dipungut biaya seperserpun …, dan hanya peminta2 itulah yang tahu persis alamatnya….bahkan dia menjamin paket tsb pasti sampai….Masih ada yg tidak mau menitipin paketnya ?” Jelas Pak Kyai tsb sambil tersenyum kepada murid2 nya….

Para Santri terlihat mulai mengangguk2 anggukan kepalanya tanda mulai menyimak dan mengerti maksud kiasan yg disampaikan oleh Guru mereka….

” Masalah apakah peminta-minta tsb layak atau tidak diberi sedekah, janganlah kita jadikan alasan utk tidak memberi….” Lanjut Pak Kyai.

” Tidak ada orang yg mau menghinakan diri utk meminta2 kalau memang ada pilihan yang lebih baik….yang jelas kita berniat utk bersedekah…biarlah Allah yg menilai keikhlasan dari Sedekah kita….bukankah perbuatan baik atau tdk seseorang tsb dinilai dari niatnya ?” Kata Pak Kyai tsb memperjelas ceramahnya.

Seorang Ulama Besar, Syaikh Abdul Qadir Jailani pernah berkata :

” Jangan menolak dan mengusir peminta-minta, sementara engkau sanggup memberikan sesuatu baik sedikit ataupun banyak”

” Sukailah kebiasaan memberi kepada orang lain, karena ALLAH sangat senang ‘memberi’. dan bersyukurlah, karena ALLAH telah menjadikanmu mampu untuk memberi ”

” Celakalah jika engkau menolak peminta-minta, sementara peminta-minta itu adalah hadiah dari ALLAH dan engkau mampu untuk memberinya ”

Setelah mendengar wejangan sang Guru secara panjang lebar, Kini semua santri mulai paham betapa pentingnya bersedekah, dan mereka sangat senang dan bangga memiliki guru sebijak Pak Kyai mereka yg selalu bisa menjelaskan setiap pertanyaan yg diajukan secara sederhana dan contoh yang jelas…shg sangat mudah di pahami dan diamalkan.

foto-pengemis-tertidur

Diskusi

One thought on “Haruskah memberi kepada peminta-minta???

  1. Reblogged this on frilia wg.

    Posted by Frilia Garlinha | Februari 12, 2013, 9:16 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

follow

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: