//
you're reading...
Uncategorized

Semua Orang Adalah Pemimpin

images

Banyak yang berharap diri mereka sebagai pemimpin. Namun, mereka seringkali tak menyadari bahwa sebenarnya mereka adalah pemimpin bagi diri mereka sendiri. Saat seorang anak menjadi ketua kelas, maka ia adalah pemimpin. Guru SD adalah pemimpin bagi muridnya. Seorang idu pun pemimpin bagi anak-anaknya. Hampir setiap orang menjadi pemimpin di lingkungannya masing-masing, terlepas dari besar-kecilnya jmlah orang dalam kelonpok tersebut. Meski hanya satu orang saja pengikutnya, maka ia masih bisa dikatakan sebagai pemimpin.

Tidak adanya kesadaran bahwa setiap orang adalah pemimpin, acapkali mengakibatkan orang tidak mau mengembangkan ilmu kepemimpinannya. Jargon-jargon seperti: “Saya ini rakyat kecil,”sesungguhnya sangat mengerdilkan jiwa manusia yang mulia. Betapa tidak, seorang tukang becak pun adalah pemimpin bagi keluarganyadi rumah. Apalagi, bila ia mampu menghidupkan kebesaran jiwa di salam kalbu anak-anaknya.

Tidak ada istilah “orang kecil”, karena di mata Tuhan setiap manusia sama, karena semua manusia adalah khalifahNya di muka bumi.

Tapi, selama ini, terjadi kekeliruan pemahaman tentang arti kepemimpinan. Banyak orang mengartikan sebagai kedudukan atau posisi yang tinggi saja. Sehingga, posisi pemimpin diincar demi mendapatkan kedudukan tinggi dalam sebuah kelompok.

Dengan paradigma itu, sebagian orang akan menghalalkan segala cara untuk menjadi pemimpin. Mulai dengan membeli, menjilat atasan, menyikut lawan dan cara lainya.

Apabila seseorang menjadi pemimpin lewat cara yang tidak benar, maka ia akan menggunakan kekuasaannyamengarahkan, memperalat, bahkan menguasai orang lain agar selalu mengikutinya. Umumnya, jenis pemimpin yang seperti ini akan memaksakan kekuasaannya dengan tekana-tekanan agar diikuti. Akibatnya, akan lahir pemimpin yang tidak dicintai, tidak disegani, tidak ditaati, bahkan dibenci oleh orang yang dipimpinnya.

 

Ary Ginanjar Agustian, ESQ (Emotional Spiritual Quotient), 2007

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

follow

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: