//
you're reading...
Dongeng, Kisah

✎ Legenda Danau Lipan

Asal Mula Danau Lipan

Legenda Danau Lipan – cerita ini bersal Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur – Dahulu kala kota Muara Kaman dan sekitarnya merupakan lautan. Tepi lautnya ketika itu ialah di Berubus, kampung Muara Kaman Ulu yang lebih dikenal dengan nama Benua Lawas. Pada masa itu ada sebuah kerajaan yang sangat ramai dikunjungi karena letaknya yang sangat strategis

Pada masa itu ada seorang putri cantik jelita yang terkenal. Dia bernama Putri Aji Bedarah Putih. Kejelitaan dan keanehan Putri Aji Bedarah Putih ini terdengar oleh seorang Raja Cina. Karena keinginan tahunya Raja Cina ini segera berangkat dengan Jung besar beserta bala tentaranya dan berlabuh di tepi laut depan istana Aji Bedarah Putih. Kedatangan Raja Cina tersebut adalah untuk melamar Putri jelita.

Sebelum Raja Cina menyampaikan maksud kedatangannya, Raja Cina terlebih dahulu dijamu oleh Sang putri dengan makan bersama – sama. Tetapi di tengah acara makan makan yang diadakan oleh Sang putri, Raja Cina tersebut malah mempermalukan dirinya sendiri, Dia tidak mempergunakan tangan melainkan langsung dengan mulut seperti anjing. Setelah acara makan – makan selesai dan Raja Cina tersebut menyampaikan maksud kedatangannya, Si putri itu menolak lamaran yang diajukan oleh Raja Cina, sambil berkata : “Betapa hinanya seorang putri berjodoh dengan manusia yang cara makannya saja menyesap seperti anjing.”

Mendengar perkataan Sang putri, maka bangkitlah amarah Raja Cina itu. Dengan tidak pikir panjang, Ia segera menuju ke tempat para pasukannya dan memerintahkan mereka untuk menghancurkan kerajaan dan menawan Putri.

Perang dahsyat terjadi antara kedua bala tentara. Menyaksikan jalannya pertempuran yang tak seimbang antara kedua pasukan tersebut membuat Putri menjadi sedih dan merasa bersalah. Melihat semua itu maka putri memikirkan sebuah cara. Putri pun segera makan sirih seraya, sambil mengucapkan kata sandi. Lalu, disemburkannyalah sepah dari mulutnya. Dan, beberapa saat setelah sepah itu terjatuh ke lantau, sepah sirih putri tadi berubah menjadi beribu-ribu ekor lipan, lalu dengan ganasnya menyerang bala tentara Cina.

legenda danau lipanSatu persatu Bala tentara Cina yang berperang dengan gagah perkasa dibinasakan. Melihat semuanya itu tentara Cina sedikit demi sedikit menjadi mundur dari medan peperangan, dan segera lari kembali ke tempat Rajanya. Mereka bermaksud akan segera meninggalkan Muara Kaman karena melihat kekuatan lipannya yang dahsyat itu, tetapi ternyata mereka tidak diberi kesempatan oleh lipan-lipan itu untuk meninggalkan Muara Kaman hidup-hidup. Karena lipan-lipan itu telah diucap untuk membinasakan Raja dan bala tentara Cina, maka mereka menyerbu terus sampai ke menghancurkan  Raja dan segenap bala tentara Cina. Tidak ada yang tersisa dari mereka satu pun.

Setelah peperangan itu selesai Putri Aji Bedarah Putih menghilang dengan gaib, bersamaan dengan kejadian tersebut, maka gaib pulalah Sumur Air Berani, sebagai sumber kekuatan sakti kerajaan itu. Tempat Raja Cina yang tenggelam dan lautnya setelah beberapa saat menjadi mendangkal , dan berubah menjadi suatu daratan dengan padang luas, karena itulah kemudian daerah tersebut disebut Danau Lipan.

Read more http://www.cerita-rakyat.com/2012/05/legenda-danau-lipan/

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

follow

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: